Pertanyaan ini seringkali kita dengar di forum-forum yang membahas tentang Yesus, dan ternyata masih banyak sekali orang yang belum mengetahui tentang siapa sebenarnya sosok “penolong” yang Yesus maksudkan di dalam ayat tersebut.

Sebenarnya kalau kita membaca ceritanya dengan lebih lengkap maka di sana sudah terdapat jawaban yang jelas sekali mengenai siapa penolong yang lain ini.

Sekarang mari kita lihat potongan pasal ini dengan lebih lengkap.

Yoh 14:15-17 demikianlah firman Tuhan, “Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku. Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.

Di sini Tuhan Yesus memberitahukan kepada murid-muridNya bahwa penolong ini bukanlah seorang manusia yang berdarah daging melainkan Roh Kebenaran/Roh Kudus yang akan menyertai mereka selama-lamanya.

Penolong ini adalah sebuah pemberian atau kasih karunia dari Allah yang diberikan kepada orang-orang yang mengasihi Yesus dan menuruti segala perintah-Nya. Jadi kalau kamu memiliki kasih kepada Yesus dan mentaati perintah-Nya maka kamu juga berhak mendapatkan karunia ini.

Alasan Tuhan Yesus memberitahukan murid-muridNya mengenai penolong ini dikarenakan waktu kepergianNya yang sudah semakin dekat, sehingga Yesus ingin supaya murid-muridNya tetap kuat dan percaya bahwa Yesus akan selalu menyertai mereka.

Sekarang mari kita melihat lebih dekat lagi, siapakah penolong yang lain itu?

1. Penolong yang lain itu adalah Roh Kudus

Firman Tuhan dalam Yohanes 14:26, Yesus kembali memberitahukan kepada murid-muridNya bahwa penolong itu adalah Roh Kudus. “Tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.”

Roh kudus adalah pribadi ketiga dari Allah Tritunggal yang diutus oleh Yesus kepada murid-muridNya untuk mengajarkan dan mengingatkan mereka akan semua ajaran Yesus.

Tuhan Yesus saat itu masih bersama dengan para muridNya dalam bentuk fisik dan kita tahu kalau fisik itu terbatas ruang dan waktu dan hanya bisa berada di satu tempat pada waktu tertentu.

Tetapi lain halnya dengan Roh yang bisa berada di mana saja dan kapanpun Dia mau. Karena Roh Allah adalah mahahadir dan bisa berada di manapun dan kapanpun juga. Penolong/penghibur ini akan melanjutkan pelayanan Yesus di dunia setelah Yesus kembali ke surga.

Sehingga Tuhan Yesuspun berfirman, “Namun benar yang Kukatakan ini kepadamu: Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu.” (Yoh 16:7)

Jadi Penolong akan mengajarkan murid-muridNya tentang ajaran Yesus, karena semua yang akan dikatakan penolong itu berasal dari Yesus. It’s all about Jesus.

2. Murid-Murid Yesus mengenal penolong tersebut

Hal kedua yang memberikan petunjuk tentang penolong yang lain ini adalah murid-murid Yesus mengenalNya. Mendengar ini kita mungkin akan bertanya-tanya, “Bagaimana mungkin murid-murid Yesus bisa mengenal penolong itu?”

Jawabannya karena Roh Kudus akan mengingatkan kepada murid-muridNya semua yang pernah diajarkan oleh Yesus sendiri jadi bukan membawa ajaran asing, ajaran yang baru, apalagi ajaran yang bertentangan dengan ajaran Yesus.

Perhatikan apa yang Yesus katakan kemudian, “sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang. Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku” (Yoh 16:13-14)

3. Roh Kudus akan tinggal di dalam murid-muridNya.

Yesus mengatakan kalau Roh Kudus akan tinggal di dalam murid-muridNya. Hal ini semakin menegaskan kalau penolong itu memang Roh adanya, firman Tuhan mengatakan barangsiapa percaya kepada Yesus maka Roh Kudus akan tinggal di dalam kita.

“Dan demikianlah kita ketahui, bahwa Allah ada di dalam kita, yaitu Roh yang telah Ia karuniakan kepada kita”. (1 Yohanes 3:24)

Roh Kudus juga akan menjadi meterai bagi setiap orang yang percaya, meterai itu ibarat cap atau tanda yang tulisannya “MILIK ALLAH SELAMANYA”.

Di dalam Dia kamu juga karena kamu telah mendengar firman kebenaran, yaitu Injil keselamatanmu di dalam Dia kamu juga, ketika kamu percaya, dimeteraikan dengan Roh Kudus, yang dijanjikan-Nya itu. Dan Roh Kudus itu adalah jaminan bagian kita sampai kita memperoleh seluruhnya, yaitu penebusan yang menjadikan kita milik Allah, untuk memuji kemuliaan-Nya. (Efesus 1:13-14)

Tuhan Yesus tidak pernah meninggalkan kita sendirian, karena sesuai janjiNya bahwa Allah Bapa akan mengutus Roh Kudus di dalam namaNya untuk menyertai orang-orang percaya hingga pada akhir jaman.

Roh Kudus masih bekerja sampai sekarang dan telah hidup di dalam hati setiap orang percaya dan menjadi meterai untuk menjamin keselamatan yang telah Tuhan Yesus berikan di dalam namaNya.

Roh Kudus memang telah ada sejak awal penciptaan dan bukan baru ada saat Tuhan Yesus menjanjikannya. Bukan juga Tuhan Yesus menjanjikan Roh yang lain, tetapi yang membuat perbedaan adalah Roh Kudus sekarang berkenan untuk diam di dalam hati kita.

Roh Kudus akan diberikan Yesus kepada murid-murid-Nya, jadi hanya kepada orang yang percaya bahwa Yesus adalah Mesias, yang kudus, yang diurapi dari Allah. Haleluya! Tuhan Yesus senantiasa menyertai kita, Immanuel!

KasihAgape.com memperlengkapi tubuh Kristus yaitu gereja Tuhan di dalam pengajaran supaya iman kita terus bertumbuh di dalam Yesus sehingga rencana Tuhan boleh digenapi di dalam kehidupan kita.

Write A Comment

Pin It